Membuat Caps Lock Menjadi Tombol yang Berguna

Tombol Caps Lock merupakan salah satu tombol paling tidak berguna yang ada pada keyboard. I can’t even remember the last time I used that useless key. So do you. Namun, tombol tersebut berada pada letak yang cukup strategis, yaitu di samping tombol A yang mana hanya membutuhkan sedikit geseran jari kelingking untuk menekan tombol tersebut. Itulah sebabnya saya memutuskan untuk menukar fungsi tombol Caps Lock dengan tombol Escape, karena tombol Escape jauh lebih sering dipijit saat melakukan interaksi dengean komputer. I have been doing this for 6 months, and I never miss that little thing.

Diperlukan xorg-setxkbmap dan xcape untuk menukar fungsi key pada keyboard, untuk itu kita akan menginstall packages tersebut terlebih dahulu. xcape sendiri tidak tersedia pada lumbung resmi Arch Linux oleh sebab itu instalasi akan dilakukan melalui AUR, untuk pengguna distro lain silakan menyesuaikan.

pacaur -S xcape
pacman -S xorg-setxkbmap

Kemudian buat sebuah file berisikan baris berikut dan jalankan file tersebut pada saat start-up, agar tidak perlu melakukan konfigurasi ulang tiap kali menyalakan komputer. Karena saya menggunakan i3wm maka cukup meletakkan exec --no-startup-id path/to/script pada file konfigurasi i3wm.

setxkbmap -option 'caps:ctrl_modifier'
xcape -e 'Caps_Lock=Escape'

Sekarang tombol Caps Lock telah menggantikan fungsi tombol Escape. Namun, beberapa orang mungkin akan bertanya, “Bagaimana klo gw pengen ngamuk-ngamuk di game online?” Tenang, semua masalah ada solusinya. Tambahkan baris berikut pada script yang telah dibuat:

setxkbmap -option 'shift:both_capslock'

Sekarang tinggal menekan tombol Shift secara bersamaan untuk menggantikan fungsi tombol Caps Lock.

Sekian tulisan kali ini, jikalau menemukan kesalahan bodoh, konyol, dalam penulisan kode atau kesalahan arti kata dalam penggunaan, mohon dengan sangat untuk membenarkan. Semoga bermanfaat. And, welcome to the club ;)